11 Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan, Cegah Kenaikan Berat Badan hingga Mengobati Diabetes

Rambutan merupakan tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah rambutan memiliki kulit buah berserabut yang menyerupai rambut, dan memiliki daging buah seperti buah kelengkeng dan leci. Buah rambutan ternyata memiliki beberapa kandungan gizi, di antaranya protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan vitamin.

Zat zat yang terkandung dalam rambutan bermanfaat untuk mencegah bertambahnya berat badan, meningkatkan kesehatan tulang, menyehatkan kulit. Dikutip dari , berikut ini 11 manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh: Mengonsumsi air rebusan buah rambutan dapat membantu mengobati diabetes, sebab kulit buah rambutan memiliki sifat anti diabetes.

Selain itu, biji rambutan juga memiliki manfaat yang sama. Ambil 5 biji rambutan lalu potong potong menjadi ukuran yang lebih kecil, kemudian sangrai hingga berwarna kuning kehitaman. Hasil dari sangraian, tumbuk hingga menjadi bubuk halus, kemudian bubuk biji rambutan diseduh dengan air panas.

Setelah dingin, minum bagian air yang bening dan buang ampas atau endapannya. Buah rambutan dapat mencegah penambahan berat badan, sebab buah rambutan mengandung sejumlah serat yang membantu menurunkan berat badan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Kandungan serat yang tinggi dalam rambutan berpotensi mengurangi risiko jantung koroner.

Serat juga membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol yang diketahui menjadi penyebab penyakit jantung. Fosfor dalam rambutan dapat meningkatkan kesehatan pada tulang. Selain itu, vitamin C dalam rambutan juga dapat berkontribusi pada kesehatan tulang.

Rambutan adalah salah satu buah buahan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berguna untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Antioksidan juga dapat melawan peradangan dan melindungi sel sel dalam tubuh.

Menurut penelitian, buah rambutan telah digunakan sebagai antibakteri sejak jaman dulu. Selain sebagai antibakteri, buah rambutan juga memiliki sifat antiseptik yang melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi. Buah rmabutan mengandung karbonhidrat dan protein, dimana keduanya berguna untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

Serat dalam rambutan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Sifat antibakteri nya juga dapat membantu membunuh parasit pada usus, sehingga mengobati diare.

Afrodisiak adalah zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Mengonsumsi rebusan air daun rambutan fapat meningkatkan hormon libido. Rambutan yang mempunyai sifat antibakteri dapat mengobati ketombe dan masalah di kulit kepala lainnya.

Vitamin C dalam buah rambutan juga dapat menyehatkan kulit kepala. Sementara itu, kandungan zat besi dalam rambutan mengobati kerontokan rambut. Protein dapat memperkuat rambut, dan vitamin C membuat rambut lebih bersinar.

Cara pengaplikasian rambutan ke rambut yakni dengan menghaluskan daging buahnya. Kemudian, jus rambutan dioleskan ke rambut dan didiamkan selama 15 menit, lalu keramas seperti biasa. Haluskan biji buah rambutan lalu tambahkan sedikit air sehingga berubah berbentuk pasta.

Pasta biji rambutan oleskan ke kulit untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *