Cara Mengobati Perut Kembung Secara Alami, Ikuti 6 Langkah Berikut Ini

Berikut 6 langkah mudah untuk mengobati perut kembung secara alami. Perut kembung biasanya disebabkan karena adanya terlalu anyak gas dalam lambung usus pada tubuh. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala gejala seperti, perut terasa sangat penuh, hingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Maka untuk mengatasinya, ikuti 6 langkah mudah mengobati perut kembung berikut ini: Dikutip dari Health Line, penyebab perut kembung sering kali adalah cara makan yang salah, yakni makan terlalu cepat tanpa dikunyah dengan sempurna dan menelan banyak udara. Keadaan ini dapat diatasi dengan mengubah cara makan, yakni makan lebih lambat dan mengunyah makanan sampai halus sebelum menelannya.

Selain itu, jangan pula minum pada saat makan, tapi minum sesudah makan untuk hindari perut kembung makin parah. Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan produksi gas di dalam perut. Dengan begitu, beberapa makanan, termasuk minuman berkarbonasi, alkohol, dan makanan tinggi pati, gula, atau serat yang menyebabkan gas perlu dihindari terlebih dahulu untuk mengatasi perut kembung.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu perut kembung: Kacang kacangan Brokoli

Kacang polong Bawang Kubis

Bunga kol Pisang Kismis

Roti gandum Menghindari makanan berlemak juga perlu dilakukan untuk mengatasi perut kembung. Hal itu dikarenakan, konsumsi makanan berlemak hanya akan memperparah keadaan.

Makanan berlemak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat meningkatkan produksi gas di lambung. Dikutip dari Medical News Today, orang yang merokok menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak. Semakin sering seseorang merokok, maka kian banyak udara yang ditelannya.

Tentu saja ada banyak manfaat kesehatan lainnya untuk berhenti merokok. Orang yang menggunakan rokok elektrik juga menelan lebih banyak udara daripada orang yang tidak, jadi menghindari rokok elektrik juga bisa membantu ketika seseorang memiliki kelebihan gas atau perut kembung. Olahraga dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap dalam kondisi yang baik.

Dengan melakukan olahraga ringan sekalipun, otot otot perut akan menjadi lebih rileks, sehingga gas berlebih yang terperangkap di lambung usus diharapkan dapat keluar. Dengan berjalan ringan setelah makan misalnya, juga dapat membantu mendorong sistem pencernaan memindahkan makanan dengan lancar. Kompres hangat pada area perut dapat menjadi pilihan sebagai cara mengatasu perut kembung yang bisa dipraktikan di rumah.

Cara ini dapat membuat otot otot di saluran penceraan jadi lebih rileks dan dapat menekan rasa tidak nyaman akibat perut kembung. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *