Daftar Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Masa, Dari Ibrahimovic Sampai Lewandowski

Tim sepak bola di dunia ini tentu menjadikan transfer pemain top sebagai salah satu tujuan dan impian mereka. Tapi untuk melakukan ini mereka harus menimbang agar tidak merugi. Dengan harga seminimal mungkin namun dengan performa pemain yang sangat kontributif tentunya adalah tujuan utamanya.

Paling keren, ada yang bisa mendapatkan pemain secara gratis padahal pemain itu adalah pemain top. Di era sepak bola, ada beberapa pemain yang berstatus sebagai free transfer alias gratis namun memiliki kualitas yang luar biasa. Ya, meski gratis, mereka yang masuk daftar ini adalah pemain berkualitas pada zamannya.

Sol Campbell bisa dibilang merupakan salah satu pemain yang berstatus free transfer terbaik yang pernah ada. Mantan bek Timnas Inggris itu hengkang dari Tottenham Hotspur ke rival sekotanya Arsenal di tahun 2001. Langkah itu cukup kontroversial tapi pilihan Campbell tak salah karena di Arsenal di berevolusi jadi bek yang haus akan gelar.

Dia membuat 195 penampilan dan memenangi dua gelar Liga Inggris. Dia juga menjadi bagian dari Arsenal yang tak terkalahkan saat itu. Campbell pensiun di tahun 2011 sebagai salah satu bek terbaik yang pernah ada. Zlatan Ibrahimovic PSG ke Manchester United

Zlatan Ibrahimovic harus diakui menjadi salah satu pemain free transfer terbaik sepanjang masa. Sebagai pesepak bola, Ibrahimovic sudah cukup mengoleksi banyak gelar di level klub meski sama sekali belum menjuarai Liga Champions. Dia pernah pindah sebagai free transfer ke Manchester United dari Paris Saint Germain.

Di United, dia mencetak sejumlah gol dan bahkan di tiga debutnya, dia selalu mencetak gol. Pogba pindah dari Manchester United ke Juventus secara gratis sebelum akhirnya dipinang kembali oleh United dengan harga 89 juta pound. Meski gratis, di Juventus Pogba jadi salah satu gelandang terbaik dunia yang mahir dalam menyerang serta bertahan.

Dia mengoleksi 125 penampilan bersama Juventus dan membantu mencapai final Liga Champions di tahun 2015. Di Juventus, Pogba membukukan empat gelar Liga Italia, dua Copa Italia, dan dua Piala Super Italia. Hengkangnya Andrea Pirlo dari AC Milan ke Juventus adalah sesuatu yang menyakitkan bagi fans AC Milan. Sejak itu performa AC Milan terus menurun.

Di Milan, Pirlo mampu menjadi gelandang terbaik bahkan turut berkontribusi atas kesuksesan Milan. Tapi sayang, dia dibeli Juventus dengan harga gratis. Di Juve, Pirlo mengantongi empat gelar Liga Italia, Copa Italia, dan dua Piala Super Italia. Ini dia transfer gratis terbaik sepanjang masa. Ya, kepindahan Robert Lewandowski dari Borussia Dortmund ke Bayern Muenchen menjadi isu yang hangat pada saat itu.

Sejak pindah ke Bayern Muenchen, Lewandowski jadi salah satu penyerang paling tajam yang pernah ada. Dia membukukan berbagai gelar bersama Bayern Muenchen. Bahkan Lewandowski kerap menjadi pilihan utama meski Bayern telah berganti ganti pelatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *