Sarah Joanna Berharap Musik Keroncong Jadi Identitas Musik Indonesia

Penyanyi Joanna Sarah (37) didapuk menjadi presenter program 'Keroncong' di TVRI sejak tahun 2012. Selama delapan tahun menjadi pembawa acara musik keroncong, mau tidak mau Joanna Sarah harus mendalami genre musik tersebut. Sebab, tidak hanya membawakan acaranya saja, Joanna Sarah mengaku kalau dirinya juga harus mahir menyanyi lagu keroncong, yang ia lakukan saat membuka acaranya.

"Makanya saya identik dengan musik Keroncong. Karena sudah terlalu lama dan terbiasa dengan musik Keroncong, jadi saya sudah jatuh cinta dengan musik keroncong tentunya," kata Joanna Sarah kepada Warta Kota, ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (15/10/2020). Tak hanya jatuh cinta saja, Joanna mengakui bahwa ia berkwajiban juga menjadi pelaku untuk membesarkan musik keroncong di Indonesia. Pelantun 'Cinta Dilema' yang baru dirillis pada 10 Oktober 2020 itu tak menampik, butuh pengorbanan besar untuk membesarkan musik keroncong, dengan bantuan komunitas.

Karena, Joanna memiliki target untuk bisa menjadikan musik keroncong disenangi oleh kaum milenial. "Perjuangannya berat sekali. Tidak segampang kita memperkenalkan sebuah produk yang ada gimmik didalamnya sepeti hadiah atau apa," ucapnya. Menurut wanita bernama lengkap Joanna Sarah Pinontoan itu, musik adalah selera setiap orangnya. Jika orang sudah idealis dengan menyukai genre lain, maka keroncong sulit untuk disukai setiap orangnya.

"Makanya perjalanan membesarkan musik keroncong sangat panjang dan tidak mudah," ungkapnya. Joanna punya cita cita besar di musik keroncong, yakni membuat genre tersebut menjadi identitas musik bangsa Indonesia agar dikenal sampai mancanegara. Sebab, menurut Joanna, musik keroncong sangat ikonik di Indonesia, sama seperti lagu lagu daerah yang mengangkat budaya leluhur setiap wilayah Tanah Air.

"Musiknya apa nih ikon dan warisan leluhur budaya Indonesia? Apa lagi kalau bukan keroncong. Bagi saya, lebih tepatnya Keroncong Is The Music Of My Country," jelasnya. Lebih lanjut, Joanna Sarah menegaskan selama delapan tahun berjuang, perkembangan musik keroncong sudah mulai terlihat yang disukai sampai ke anak muda. "Keroncong, yang menjadi warisan musik Indonesia disamping lagu daerah. Suatu saat kita sebagai penyanyi harus punya kemampuan menyanyikan musik keroncong," ujar Joanna Sarah.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *