Sebulan Dimakamkan, Keluarga Minta Kuburan Seorang Gadis Dibongkar, Curiga Ada yang Janggal

Aparat Polres Bulukumba, Sulawesi Selatan, membongkar makam seorang gadis yang meninggal dunia belum lama ini. Kuburan Ir, warga Lingkungan Bintatore, Kelurahan Bintarore, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba dibongkar pada Selasa (13/10/2020). Sebelumnya, mayat Ir ditemukan tergantung di rumahnya pada Selasa (15/9/2020) atau hampir sebulan lalu.

Akan tetapi keluarga meyakini kalau ia tidak bunuh diri, diduga IR meninggal karena dibunuh. Pembongkaran dilakukan untuk dilakukan auotopsi jenazah. Ada sembilan orang dokter forensik Polda Sulsel diturunkan untuk melakukan auotopsi.

Kegiatan itu dikawal ketat oleh personel Polres Bulukumba. “Hari ini kita lakukan pembongkaran makam jenazah Ir untuk autopsi, ini berdasarkan permintaan pihak keluarga saat gelar perkara di Polres Bulukumba," jelas Pelaksana Harian (PLH) Kasat Reskrim Polres Bulukumba, Ipda Muhammad Dasri. Untuk sementara ini, kematian Ir dikategorikan bukan kasus pembunuhan, olehnya itu perlu pembuktian terkait dugaan pembunuhan tersebut.

Kedua orangtua Irawati, Amran (44 tahun) dan Astuti (38 tahun) hadir langsung di lokasi, matanya berkaca kaca, saat melihat makam anak perempuannya dibongkar. “Bukan saya tidak terima anak saya meninggal, sebab hidup dan mati itu sudah diatur oleh Allah, tapi yang belum kami terima adalah kematiannya yang tidak wajar, banyak kejanggalan,” Amran. Terlebih, kata dia, dirinya tidak bisa melihat wajah anaknya saat meninggal. Karena saat kejadian itu ia berada di Kalimantan.

“Saya terpukul sekali waktu dengar anak saya meninggal tergantung, karena waktu itu saya ada diperantauan, bahkan saya tidak bisa melihat anak saya dikuburkan,” jelasnya. Ia mengaku yakin anaknya mati karena dibunuh. "Tidak mungkin anak saya nekat gantung diri, apalagi kematiannya penuh dengan kejanggalan, masa gantung diri kaki sampai ke lantai dan dari informasi ada luka di tubuhnya dan percikan darah di lantai," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *