Vaksinasi untuk Awak Media di Hall A Basket Gelora Bung Karno Berjalan Tertib dan Kondusif

Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan RI untuk sekitar seribu awak media, Sabtu (27/2/2021) di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, berjalan tertib dan kondusif. Mekanisme penyuntikan vaksin untuk Wartawan melalui tahapan sekaligus penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hampir diseluruh area terdapat sarana cuci tangan dan handsanitizer.

Sebelum dilakukan vaksinasi, Wartawan harus melalui berbagai tahapan. Tahap pertama, Wartawan harus mengantre untuk memasuki area registrasi. Kemudian, petugas membagi antrean dengan batas 25 orang untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya, di meja pendaftaran peserta diminta memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (e KTP).

Setelah menunjukkan e KTP, peserta diarahkan untuk mengambil nomor antrean. Lalu, kemudian peserta digiring menuju ruang tempat verifikasi peserta vaksinasi. Di area verifikasi peserta, terdapat puluhan meja yang dijaga petugas dari Kementerian Kesehatan yang meminta peserta kembali diminta menunjukan e KTP.

Di meja itulah, para peserta diberikan Kartu Verifikasi Peserta Vaksinasi Covid 19. Kemudian, petugas mengarahkan peserta ke area vaksinasi dengan disertai Kartu Verifikasi Peserta Vaksinasi Covid 19. Di area vaksinasi, petugas kembali membagi antrean per lima orang untuk memasuki ruangan tempat tenaga kesehatan yang memberikan vaksin.

Setelah menunggu sekitar 5 hingga 10 menit, peserta diarahkan ke meja pemeriksaan (skrining). Di area skrining, setiap peserta akan dicek tekanan darahnya, suhu tubuh, dan diwawancarai terkait riwayat kesehatan. Di sini, petugas kembali mencocokan data diri peserta sesuai e KTP. Seorang peserta Puji mengatakan bahwa vaksinasi untuk Wartawan begitu penting demi mencegah terpapar Covid 19.

"Profesi Jurnalis ini cukup penting. Karena Jurnalis itu setiap hari berhadapan dengan seluruh elemen masyarakat. Jadi vaksinasi untuk Wartawan saya rasa harus diutamakan," ujarnya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berharap vaksinasi yang diberikan kepada awak media dapat memberikan perlindungan kepada masing masing individu. Menurutnya, selama ini awak media kerap berinteraksi dengan banyak orang saat bertugas.

"Kita harapkan ini memberikan perlindungan kepada awak media, terutama yang berada di lapangan yang sering berinteraksi dengan publik, sering berinteraksi dengan narasumber, dan ini memberikan perlindungan yang baik bagi insan pers," kata Presiden saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid 19 untuk kalangan pers di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/2/2021) lalu. Sementara itu, vaksinasi Covid 19 di Indonesia sudah dimulai sejak 13 Januari 2021. Pada tahap pertama vaksinasi diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan.

Saat ini, vaksinasi sudah menginjak tahap kedua yang menyasar pada petugas pelayan publik dan lansia. Ditargetkan vaksinasi dapat menjangkau 70 persen penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *